Rabu, 08 Juli 2009

Wisata di Semarang



Saya lebih suka membicarakan tentang wisata kuliner di Semarang..haha..tapi tempat wisata yang lain juga kok.. sekedar info nih dari Semarang :

1. Gereja Blenduk dan Kawasan kota lama. Di kota lama itu banyak bangunan-bangunan peninggalan kompeni, artistik dan memikat. walaupun ada bangunan yang..ehem..kurang terawat, sayang yah..



foto diambil dari http://prabowowyp.blogspot.com/2009_01_01_archive.html

2. Tugu Muda merupakan tugu yang berpenampang segi lima. Terdiri dari bagian yaitu landasan, badan dan kepala. Pasa sisi landasan tugu terdapat relief. Keseluruhan tugu dibuat dari batu. Untuk memperkuat kesan tugunya, dibuat kolam hias dan taman pada sekeliling tugu. Bangunan yang berada disekitar tugumuda adalah lawang sewu, Kantor BDNI, bakal Rumah Dinas Gubernur Jateng, Museum Manggala Bakti dan Katedral.



foto diambil dari http://www.semarang.go.id/cms/pemerintahan/dinas/
pariwisata/wisata/Obyek%20Wisata/tugu_muda.htm

3. Lawang Sewu merupakan bangunan peninggalan kompeni a.k.a belanda. konon katanya punya 1000 pintu lho, Gedung megah ini menyimpan riwayat panjang. Dibangun tahun 1903, baru diresmikan penggunaannya 1 Juli 1907 untuk kantor pusat perusahaan kereta api (trem) penjajah Belanda atau Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS). Gedung tiga lantai bergaya art deco (1850-1940) ini karya arsitek Belanda ternama, Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Trus buat yang suka uji nyali..monggo dipersilakan ke tempat ini, tapi jgan ngajak-ngajak ya.




4. Masjid Agung Jawa Tengah merupakan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di Jalan Gajah Raya Semarang, Jawa Tengah, yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 November 2006, yang dibangun di atas lahan 10 hektare. masjid ini mampu menampung jemaah hingga 13.000 orang. Bentuk penampilan arsitekturnya merupakan gubahan baru yang mengambil model dari tradisi para wali dengan membubuhkan corak universal arsitektur Islam pada pada bangunan pusatnya dengan menonjolkan kubah utama yang dilengkapi dengan minaret runcing menjulang di keempat sisinya.




5. Kawasan oleh-oleh Pandanaran. Kalau mau beli oleh-oleh khas nya, tapii kalau mau beli lunpia saya si lebih suka yang di jl. Mataram depan ex-toko roti Sanitas, langganan eyang saya lho..dari dulu jaman harganya masih 600/ biji,hehe..bayangin deh tahun brp tu lunpia harganya segitu?! nah di Pandanaran ini bisa beli bandeng, bakpia, wingko. kalau mau hunting wingko yang jadul kayak lunpia gt ada di jl. Cendrawasih. Wingko kereta api, macem-macem deh rasanya mulai coklat sampee duren adaaa..
6. nah sekarang kita bahas kuliner yang lebih daleem..hehe di Semarang tentunya. Ga semuanya tapii, ga muatlah..ntr malah bingung mau nyobain yang mana.

a.Sate Ayam Gajah Mada Pak Hasan, di jl. Gajah Mada (depan hotel Quirin maju dikit, di sebelahnya jual pisang penyet-enaak juga low)
b.Bakmi jawa Mag Dul, di jl. Pemuda (depan novotel)
c.Istana Wedang, (persisi di samping novotel, ga cuma minuman tapi makanan berat juga ada di sini)
d.Toko Oen, jl. Pemuda 52 (ada es krim, steak dll-es krimnya home made trusan ada kue2 tempo doeloe juga. buat eyang-eyang m orangtua bisa nostalgia nih)
e.Es Puter Cong Lik, Gang Warung
f. Lind's Ice Cream, jl. Papandayan (view nya baguuss, rasanya es krim juga)
g.Kampung Laut, Marina (resto buat seluruh keluarga, hehe..tempatnya cozy, kepiting Lemburinya.hmm.yummy)
h.Soto Bangkong, perempatan bangkok (jl.mataram lurus aja, sampai ada perempatan pertama, kanan jalan)
i. Nasi Ayam bu pini, Kawasan Pecinan Semarang.
j. Nasi Pecel Mbah Uti, Banyumanik (depan gedung serbaguna Karina)
k. Aneka jajanan bu kuat (Peterongan, deket Javamall)
l. Uleg-uleg, (jl. Tirto Agung, ada pecel, lotek, tahu campur.enaak..harganya juga ga mahal)

mungkin segitu dulu kali yah, ntr deh dilanjutin lagi.okai2..^^



2 komentar:

Yolanda on 9 Juli 2009 pukul 03.19 mengatakan...

baiklah...
aku jadi cinta semarang disaat2 terakhir kuliah ku, hahahahaaaa

sayang, semarang panas, heheheheeee (bukan salahmu kog mim, heheheheeeee)

myblog on 9 Juli 2009 pukul 06.46 mengatakan...

wew..dasar..bolaa..tapi sekarang uda cintaa kan,
yasudah whether semarang is hot or not, but know we already do an important things in this city..so
just love it sizt..hahaha=P

Posting Komentar

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Distributed by id theme